RIWAYAT SINGKAT PERUSAHAAN

PT Len Rekaprima Semesta senantiasa bekerja keras dan berkomitmen menjadi mitra bisnis terdepan dari pemilik Infrastruktur Perkeretaapian dalam meningkatkan produktifitas dan mobilitas masyarakat Indonesia.

Komitmen ini dibuktikan dengan penyediaan dan pengelolaan Operasi dan Perawatan yang handal dan berkualitas guna memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang unggul. Kini saatnya, PT Len Rekaprima Semesta memantapkan langkah, menyongsong tantangan yang membentang dengan penuh optimisme guna menciptakan pertumbuhan bisnis Perusahaan yang berkelanjutan melalui investasi dan optimalisasi bisnis agar terus tumbuh sesuai dengan harapan seluruh pemangku kepentingan.

Tonggak sejarah PT Len Industri masuk dalam bisnis Perkeretaapian dimulai sejak tahun 1983. Sebagai perusahaan yang menghasilkan elektronika transportasi khususnya perkeretaapian, Len menempatkan keamanan dan kehandalan sebagai perhatian utama dalam pengembangan produk dengan moto “failsafe – no compromise”. Kami telah menjadi pelaku utama dan satu-satunya industri sinyal perkeretaapian di Indonesia.

PT Len Industri sukses menorehkan tinta emas dalam dunia persinyalan kereta api Nasional, dimana SIL-02 (Sistem Interlocking Len-02) diterapkan di Jalur Utara Pulau Jawa Cirebon-Surabaya sepanjang 435 Km melintasi lebih dari 55 stasiun dengan sistem telekomunikasi fiber optic. Proyek prestisius lain diraih 1 tahun kemudian, pada tahun 2014 yakni Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang sepanjang 32 Km, yang dibagi menjadi 2 tahap yaitu Manggarai-Bekasi sepanjang 15 Km dan Bekasi-Cikarang sepanjang 17 Km.

PT Len Industri melakukan transformasi fundamental dengan pembentukan anak perusahaan yang fokus pada bisnis transportasi Perkeretaapian pada tahun 2011 yang diberi nama PT Len Railway Systems. Melalui PT Len Railway Systems, pembangunan infrastruktur Perkeretaapian telah dilakukan baik dalam pembangunan untuk kebutuhan mainline maupun untuk kebutuhan urban transport.

Dalam menjaga kesinambungan bisnis Perkeretaapian di Indonesia, pada tahun 2014 PT Len Railway Systems membentuk divisi khusus yang bergerak dalam bidang Pemeliharaan dan Perawatan Fasilitas Operasi Perkeretaapian. Divisi ini menjadi cikal bakal PT Len Rekaprima Semesta yang dibentuk sebagai anak usaha PT Len Railway Systems pada tahun 2017. Selain bergerak dalam bidang Pemeliharaan dan Perawatan Fasilitas Operasi Perkeretaapian, PT Len Rekaprima Semesta juga melakukan Pengoperasian Sarana Perkeretaapian seperti halnya yang saat ini berjalan di APMS Skytrain Bandara Internasional Soekarno Hatta.